statsResponsive Design, Penjelasan Singkat
Responsive Design

Responsive Design

Posted on Nov 30, 2015

Responsive Design atau Responsive web design adalah sebuah istilah konsep teknik design tampilan atau layout website yang dapat menyesuaikan diri terhadap ukuran resolusi layar atau lebih tepatnya adalah terhadap viewport, ukuran area tampilan website pada browser, agar tampilan terlihat lebih rapi, lebih mudah dan lebih nyaman untuk dilihat.

Responsive Design, Cara Kerja

Biasanya website dengan Responsive Design akan menyesuaikan ukuran lebar website terhadap layar/viewport, design akan menyesuaikan lebar dengan tujuan meniadakan scroll secara horizontal. Untuk kenyamanan melihat konten, website dibuat hanya dapat scrolling secara vertikal. Hal ini lebih memudahkan pagi pengunjung  website dalam menelusuri konten atau bernavigasi terutama di perangkat dengan layar yang lebih kecil seperti tablet dan smartphone.

Sebuah website yang dirancang responsive akan memiliki tampilan yang berbeda-beda saat kita buka di komputer desktop, tablet/iPad atau di smartphone.  Karena yang menjadi patokan adalah ukuran lebar (width) layar/viewport  dalam satuan pixel, jadi bila kita menggunakan smartphone atau tablet, orientasi vertikal (potrait) dan horizontal (landscape) pun dapat membuat tampilan website berbeda (menyesuaikan lebar layar).

Bagaimana untuk mengetahui apakah sebuah website didesain Responsive atau tidak, dengan menggunakan komputer destop?

Kita dapat mengetahuinya dengan merubah ukuran (resize) jendela browser kita. Bila kita resize jendela browser kita menjadi lebih kecil, lalu design/layout website berubah menyesuaikan dimana biasanya website tidak memerlukan scroll secara horizontal untuk melihat konten, berarti website tersebut sudah didesain Responsive.

Konsep Responsive Design secara teknis mengunakan/memanfaatkan  coding pada HTML 5 dan CSS3 untuk menghasilkan tampilan yang nyaman pada beberapa ukuran layar. Fitur utama Responsive Design ada pada CSS3 yaitu media query, disinilah website dapat diatur tampilannya lebih fleksible terhadap ukuran lebar layar.

Penting Atau Tidak

Apakah Responsive Design ini perlu/penting untuk sebuah website?

Pada saat ini trend design website banyak yang mengadaptasi Responsive Design, ini tidak terlepas dari semakin luasnya orang menggunakan tablet dan smartphone untuk berselancar di dunia maya. Tetapi Responsive Design bukan satu-satunya cara untuk membuat pengunjung website nyaman mengeksplorasi konten saat berselancar melalui perangkat dengan alat yang memiliki layar ukuran kecil, ada juga konsep lain seperti ‘mobile view‘ yang memiliki tujuan sama tetapi secara teknis konsep berbeda dengan Resposive Design. Tentu masing-masing konsep design ini ada plus dan minusnya, hanya saat ini Responsive Design menjadi favorit solusi untuk design tampilan website pada ukuran layar yang lebih kecil.

 

 

— Sanggarweb.com —