statsContent Management System (CMS), Apakah itu?
cms

Content Management System (CMS)

Posted on May 11, 2016

Di dalam dunia website dan internet kita sering mendengar istilah Content Management System (CMS). Apa itu CMS? Apakah CMS itu penting, khususnya dalam dunia website?

Content Management System

Content Management System (CMS) ini adalah sebuah system yang digunakan untuk mengelola ‘konten’ pada sebuah situs atau website. Dengan adanya Content Management System ini memudahkan kita untuk mengelola konten, melakukan penambahan, pengurangan, editing atau menghapus konten pada website tanpa harus mengerti kode-kode HTML, PHP atau bahasa pemograman website lainnya.

Konten yang dapat dikelola biasanya berupa teks dan media (gambar, video, dll), sebagian CMS juga memfasilitasi untuk mengelola atau mengubah sebagian komponen-komponen dari desain website itu sendiri.

Website yang menggunakan CMS ini biasanya termasuk jenis website yang dinamis, dimana website ini terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian ‘Front-end’ dan ‘Back-end’. Front-end adalah tampilan depan/muka dari website, yaitu tampilan website itu sendiri yang dapat dilihat oleh seluruh pengunjung website. Sementara Back-end adalah halaman untuk mengelola konten website tersebut atau sering disebut halaman admin atau administrator. Untuk mengakses halaman pengelolaan website atau halaman administrator ini diperlukan proses login, jadi hanya yang berwenang saja yang dapat mengakses.

Contoh CMS

Beberapa contoh Content Management System adalah sebagai berikut:

  • Joomla
  • Drupal
  • WordPress
  • VBulletin
  • Moodle
  • MediaWiki
  • Opencart
  • dan masih banyak lagi

Beberapa CMS di atas mungkin pernah Anda ketahui atau pernah dengar. Saat ini banyak CMS yang dibuat sebagai open source, ada juga beberapa yang komersial atau berbayar. CMS open source yang dibuat oleh sebuah komunitas yang kuat biasanya menjadi pilihan untuk digunakan dalam membangun sebuah website.

Kesimpulan

Peran dari CMS ini bagi kami sangat penting karena memudahkan pengguna/pengelola website dalam mengelola konten tanpa harus memiliki latar belakang pengetahuan teknis yang mendalam.

Walau demikian, kami tetap menyarankan bila Anda memiliki website yang menggunakan Content Management System (CMS), sebaiknya tetap mempelajari setidaknya dasar-dasar HTML karena biasanya dapat memaksimalkan penggunaan CMS itu sendiri dalam menghadirkan konten.

*dari berbagai sumber.

 

 

— Sanggarweb.com —